TINGKATKAN PERAN SISKAMLING MELALUI PENYULUHAN KAMTIBMAS

BERITA BERITA1 BERITA2Tribratanesw-Polres Pagaralam,-Untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam menjaga Keamanan dan ketertiban, Polsek Pagaralam Selatan melalui Unit Binmas melaksanakan giat Penyuluhan Kamtibmas pada hari Selasa ( 26/4 ) pukul 09.00 WIB bertempat di Kantor Lurah Tumbak Ulas, Kanit Binmas Polsek Pagaralam Selatan, Bripka Achirudin SH bersama dengan Kasium Polsek Pagaralam Selatan serta seluruh Bhabinkamtibmas mengambil materi tentang Siskamling ( Sistem Keamanan Lingkungan ),

Saat ini sistem keamanan lingkungan yang masih dipakai serta paling efisien adalah Pos Ronda / Pos Kamling, merupakan Sistem Keamanan Lingkungan yang di mana masyarakat dapat berperan langsung dalam menciptakan ketertiban dan keamanan lingkungan.

Pos Ronda / Pos Kamling dapat menekan dan mengatasi kriminalitas di sebuah lingkungan dan setiap anggota masyarakat yang menempati lingkungan tersebut wajib menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan dengan menjalankan sistem piket yang di rotasi setiap minggunya, adapun jumlah Poskamling di kelurahan Tumbak Ulas kurang lebih 20 Poskamling yang aktif saat ini.

“ketertiban dan keamanan merupakan tanggung jawab kita bersama sebagai Warga Negara, maka dari itu kita harus meningkatkan kesadaran kita akan kepedulian keamanan dan ketertiban lingkungan kita, selain dengan dengan meningkatkan kesadaran juga dengan melakukan tindakan langsung seperti mengikuti Sistem Keamanan Lingkungan yaitu Pos Ronda / Siskamling,” ujar Achirudin SH.

Kegiatan tersebut  dihadiri oleh Lurah tumbak Ulas, Ketua FKPM, Ketua RT dan RW serta Karang Taruna Kelurahan Tumbak Ulas, Penyuluahan Kamtibmas ini disambut baik oleh warga selain dapat menambah wawasan juga sebagai bentuk silatuhrahmi antara Polisi dengan Masyarakat, dan diharapkan kedepan kegiatan seperti ini dapat ditingkatkan sehingga terjadi koordinasi yang baik antara Lurah, Bhabinkamtibmas dan Masyarakat dalam bidang kamtibmas. Polisi tidak akan dapat menciptakan situasi yang tertib dan aman dalam suatu lingkungan masyarakat tanpa adanya kemauan dan kesadaran dari masyarakat itu sendiri, akan pentingnya suasana yang aman dan tertib.

Keterlibatan masyarakat dalam menjaga dan memelihara Kamtibmas sejatinya tidak sekedar membantu aparat Polri dalam melaksanakan tugas-tugasnya sebagai aparat pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat, namun yang lebih penting adalah memberikan ruang bagi pemberdayaan masyarakat ( Empowerment ). Masyarakat diberdayakan sehingga tidak semata-mata sebagai obyek dalam penyelengaraan fungsi kepolisian melainkan sebagai subyek yang menentukan dalam mengelola sendiri upaya penciptaan lingkungan yang aman dan tertib. ( HT23/SEKPAS )